8 Tips Hemat Membangun Rumah Sendiri

8 Tips Hemat Membangun Rumah Sendiri - Saat ini banyak di dirikan perumahan untuk siap huni. Meski tak banyak orang yang memiliki keinginan untuk bangun rumahnya sendiri. Alasan yang sangat banyak dan beragam ini menjadi salah satu bagaimana mereka bisa desain rumah tersebut dengan kebutuhan dan keinginan mereka sendiri.
Tetapi, bangun rumah merupakan hal yang bukan mudah dan sangat murah. Masih ada lagi kebutuhan pokok yang harus anda penuhi dengan harga yang cenderung selalu naik. Bahkan anda bisa terjebak, dimana awalan yang irit tapi harus menjerit karena ada nya biaya bangunan rumah sendiri jauh lebih tinggi dari uang yang tersedia. Bukan biaya saja, bangun rumah juga butuh waktu yang sangat lama. Jadi anda mau tidak mau harus sabar dengan beberapa hal agar untuk bisa segera tempati rumah indaman anda.

Keinginan untuk bangun rumah sering kali dihadapkan pada sebuah dana yang memang harus dilakukan bahwa membangun rumah harus menyiapkan uang yang cukup besar. Tetapi, bukan berarti rumah akan menjadi mahal. Jika anda ingin tahu tipsnya, bangun rumah harus berkualitas dengan biaya untuk diwujudkan. Berikut ini ada 8 tips.


1. Menggunakan tipe desain minimalis

Rumah dengan desain minimalis akan menjadi agak tren untuk pengembangan yang obaik bagi rakyat maupun mambangun rumah sendiri. Desain rumah ini sangat bernilai dan efisien dalam penggunaan bahan yang sangat bagus tetapi berkesan dan modern. Sesuai desain yang sangat minimalis, rumah tipe ini sangat hemat sehingga anda tidak akan menghabiskan banyak bahan bangunan. Untuk peroleh desain minimalis, anda perlu menyewa seorang arsitek.

2. Membuat rencana membangun rumah

Sebagai awal langkah yang baik anda harus memulai dari dana, target dalam membangun rumah. Rencana ini bisa memiliki fungsi untuk pengendali yang akan terjadi dalam penyimpangan proses yang berlangsung. Jika bangunan rumah terlenceng tentu itu bisa kenak biaya yang anda harus keluarkan. Contoh seperti tukang atau pemborong yang sangat ahli dibidangnya, sehingga mampu membuat rumah sesuai dengan rencana.

3. Melakukan riset harga bangunan

Harga bangunan akan makin tinggi dengan adanya factor yang harus ditimbang dengan matang. Banyak orang yang menunda dengan adanya pembangunan dirumah karena bahan yang sangat mahal. Agar kebutuhan dana cukup maka buatlah riset dengan harganya. Tak perlu malu untuk keluar masuk toko bangunan.

4. Menentukan segi dan bentuk bangunan

Segi atau bentuk bangunan sangatlah pengaruh dengan kebutuhan bahan bangunan. Rumah bentuk segi cenderung akan mudah bangun dan hemat biaya umumnya bentuk beberapa sudut yang merupakan banyak hal atau material yang tidak terpakai. Dan sangat perlu perbaikkan yang berkualitas dan harga murah.

5. Mulai bangun dengan bertahap

Bangun rumah sendiri dasarnya anda harus tunggu sampai cukup dana untuk setiap bagian dari banguna tersebut secara bertahap. Mulai dari fondasi, pendirian bangunan, sampai pemasangan dilakukan dan sesuai dengan budget yang ada. Hal ini memakan waktu lama, tetapi berikan kesempatan bagi yang lebih focus pada tahapnya.

6. Selektif dalam pilih juru bangunan

Bangun  rumah anda harus butuh buru jasa atau tukang sebagai salah satu dalam pembangunan. Mereka yang akan meracik bahan dalam menyajikan hasil yang bagus dan berkualitas. Ingat betapa penting peran tukang ini. Tak heran biaya yang harus keluar cukup besar.

7. Buat ruangan multifungsi

Rumah sangat cenderung dengan biaya sangat mahal, oleh karena itu bahan bangunan harus banyak. Misalnya ruang tamu dan ruang keluarga disatukan dengan ruang makan. Pembuatan multifungsi ini sesuai tipe minimalis. Tidak butuh banyak ruangan, dan lebih hemat dengan bahan bangunan.

8. Menggunakan bahan bangunan local

Bahan yang berkualitas tidak harus mahal maupun produksi dari luar negeri. Untuk hemat biaya bangunan rumah, anda bisa gunakan bahan bangunan local seperti bamboo, kayu atau yang lainnya. Selain ditemukan jenis bangunan dan juga ditemukan lebih murah.



Komentar

Postingan Populer