4 Hal Yang Harus Diperhatikan di Rumah Saat Musim Kemarau Tiba


4 Hal Yang Harus Diperhatikan di Rumah Saat Musim Kemarau Tiba - Sebentar lagi musim kemarau akan tiba mengganti musim hujan yang akan segera berakhir. Sama seperti musim hujan, juga terdapat beberapa hal yang harus anda siapkan sebelum menghadapi musim kemarau yang terik dan panas.

Namun saat ini orang-orang terutama yang tinggal di kota cenderung tak peduli karena mengganggap musim kemarau tidak membahayakan dan tidak perlu diwaspadai. Tapi pada kenyataannya, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan loh agar rumah tetap nyaman ditinggali saat musim kemarau.


Berikut 4 hal yang harus diperhatikan di rumah saat musim kemarau tiba

Persediaan air

Musim kemarau identik dengan panas yang terik dan tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada persediaan air. Karena cuaca yang panas dan terik, debit air pada sumber air tentu akan mengering. Tak hanya itu, pompa air pada rumah-rumah juga seringkali menjadi keruh pada saat musim kemarau tiba.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan air dari PDAM. Namun bukan berarti anda bisa menggunakan air secara boros. Alangkah baiknya untuk mengguankan air secara bijak pada musim kemarau. Pastikan juga stok air bersih untuk keperluan lain mencukupi.

Cat dinding

Cuaca terik di musim kemarau juga dapat mempengaruhi kualitas cat dinding di rumah anda loh, terutama cat di eksterior rumah. Cat bagian luar rumah bisa retak dan terkelupas sehingga keindahan rumah menjadi berkurang.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengecat ulang dinding rumah bagian luar dengan menggunakan cat khusus eksterior yang tahan akan sinar matahari. Pastikan juga untuk membersihkan dinding terlebih dahulu sebelum di cat agar hasil lebih maksimal.

Minimalisasi udara panas

Pada musim kemarau, angin yang berhembus juga akan terasa lebih panas dari biasanya. Agar angin panas tidak masuk kedalam rumah, anda bisa siasati dengan menutup celah-celah di loteng atau langit-langit rumah dengan busa. Dengan begitu, anda bisa membuat penghalau panas tanpa mengganggu aliran ventilasi udara. Selain itu, anda juga bisa menghidupkan kipas angin ataupun air conditioner agar suhu di dalam ruangan menjadi lebih dingin.

Sirkulasi udara

Pastikan juga sirkulasi udara di dalam rumah lancar. Jika anda ingin lebih menghemat listrik, dari pada membuka air conditioner, lebih baik buka jendela rumah anda. Supaya tidak terlalu panas, pasanglah krey di bagian depan jendela rumah anda.


Anda bebas memilih material krey yang akan digunakan seperti krey kayu, aluminium ataupun dari bambu. Fungsi krey sendiri agar dapat menyaring udara panas yang akan masuk ke dalam rumah.

Komentar

Postingan Populer