Berikut Panduan Memilih Warna dan Dekorasi Pintu

Berikut Panduan Memilih Warna dan Dekorasi Pintu

Berikut Panduan Memilih Warna dan Dekorasi Pintu - Merasa pintu rumah anda biasa-biasa saja dan ingin mencoba menggantinya? Bagi sebagian orang mungkin terdengar sepele, namun sebenarnya pemilihan warna pada pintu depan rumah cukup penting loh. Hal ini dikarenakan pintu depan rumah merupakan yang pertama kali dilihat.

Oleh karena itu, warna dan gayanya juga mencakup sebagian besar dari tampilan sebuah rumah. Tak hanya itu, warna pintu rumah juga dapat memberikan suasana yang berbeda bagi pemilik rumah maupun tamu yang datang berkunjung. Penasaran bagaimana tips atau panduan memilih warna dan dekorasi pintu yang baik dan benar? Yuk simak caranya berikut ini!

Berikut panduan memilih warna dan dekorasi pintu

Ketahui pengetahuan seputar warna

Berikut Panduan Memilih Warna dan Dekorasi Pintu
Sebenarnya memilih warna yang tepat itu mudah-mudah sulit. Mengapa? Hal tersebut karena anda harus sebisa mungkin memadukan beragam warna yang ada namun tetap terlihat menarik dan tidak norak.

Nah, jika memilih warna yang tepat terlalu membingungkan, anda bisa mencoba menggunakan alat bantu yang bernama color wheel. Color wheel sendiri dapat membantu anda untuk memadukan warna yang cocok dan benar. Pada color wheel sendiri terdapat 6 teori yakni analgo, monokromatik, paduan tiga warna, komplementer, kompleks dan komplementer terpecah tunggal.

Salah satu teori yang paling sering digunakan pada color wheel adalah teori analog, komplementer, dan monokromatik. Cara menggunakan color wheel juga cukup mudah. Untuk teori analog, caranya adalah mengkombinasikan 3 warna yang letaknya berdekatan di color wheel.

Teori komplementer cukup dengan memilih paduan warna yang saling berseberangan. Sedangkan teori monokromatik menggunakan warna dasar kemudian dipadukan dengan variasi atau turunan warnanya. Contohnya apabila anda memilih warna hijau, maka padukan dengan warna hijau daun, lime green dan lainnya.

Perhatikan tampilan sekitar

Meskipun terdapat aturan dalam memilih warna, tampilan sekitar dan desain rumah tetap menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Pemilihan warna pintu rumah juga bisa disesuaikan dengan gaya rumah. Contohnya jika rumah anda bergaya mediterania, warna pintu rumah yang cocok adalah warna biru muda atau turquoise.

Nah, hal tersebut juga berlaku untuk dinding di sekitar pintu depan rumah. Jika pintu depan rumah memiliki aksen bata merah, maka warna pintu rumah juga harus disesuaikan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah panduan memilih warna dan dekorasi pintu. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan Populer